Minggu, 23 Juni 2013

Jasa Penerjemah Tersumpah

jasa penerjemah tersumpah
Jasa penerjemah tersumpah : Himpunan penerjemah Indonesia atau yang biasa disebut HPI, adalah badan atau organisasi profesi jasa penerjemah tersumpah dan juru bahasa yang sudah diakui oleh organisasi penerjemah internasional (Fédération Internationale des Traducteurs) sejak tahun 1974, merasa perlu menyelenggarakan sertifikasi penerjemah dalam rangka peningkatan kualitas anggotanya dan untuk membantu pengguna jasa mendapatkan penerjemah andal.

Jasa penerjemah tersumpah merupakan sebuah profesi yang idependent dan dapat disetarakan dengan profesi lain


Seperti; notaris dan pengacara yang mendapat lebel resmi dari publik. Seiring dengan banyaknya kebutuhan akan jasa penerjemahan dokumen pada saat sekarang ini, maka profesi penerjemah sangatlah dibutuhkan dan terkait dengan kebutuhan dokumen yang bersifat resmi seperti; Agreement, Akta Notaris, Akta Nikah, dll. Maka jasa penerjemah tersumpah lah yang mempunyai wewenang dalam menhandle/menerjemahkan sebuah dokumen yang bersifat resmi tersebut.

Penerjemahan yang bertanggung jawab membutuhkan proses (lihat kotak ‘Proses Pengerjaan Terjemahan’). Tugas jasa penerjemah tersumpah pada intinya menyampaikan pesan – bukan kata - kata dalam teks asli atau teks sumber – ke bahasa sasaran atau bahasa tujuan. Untuk itu dia harus memahami benar isi, pesan, bahkan nuansa dan suasana dalam teks sumber. Tak kalah pentingnya, tujuan dari penerjemahan teks tersebut.

Sesudah itu barulah dia melakukan penerjemahan. Kadang dibutuhkan waktu untuk mengadakan riset baik dengan menggunakan kamus dalam bentuk cetak, maupun dengan memanfaatkan ‘mesin pencari’ elektronik untuk memahami istilah dalam bahasa sumber dan padanannya dalam bahasa sasaran.

Dengan memilih jasa penerjemah tersumpah, anda tidak perlu khawatir akan keamanan dan kerahasiaan dokumen yang anda serahkan pada pihak penerjemah untuk dialih bahasakan sesuai dengan bahasa yang diinginkan.


Sebab seorang penerjemah tersumpah adalah penerjemah yang melakukan pekerjaannya secara hati-hati dengan memberikan makna dari bahasa yang diterjemahkan secara benar. penejemah tersumpah juga diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan dokumen-dokumen yang mereka terjemahkan karena sifatnya yang sangat rahasia bagi pemilik dokumen tersebut. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir tentang kerahasiaan yang ada didalamnya. Dan biasanya tarif biaya yang ditetapkan oleh jasa penerjemah tersumpah yang resmi terdaftar pada HPI lebih mahal, sepadan dengan hasil yang diberikan, profesionalitas dan kompeten dalam bekerja dan menjaga kerahasiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar